Janji Kampanye Romanus-Riduwan Untuk Handphone Gratis Siswa-Siswi Mulai Direalisasikan

Pemerintahan94 views

 

Merauke, Suryapapua.com- Bagi yang sering nyinyir dan terus mempertanyakan bantuan handphone gratis  bagi siswa-siswi , sekiranya membuka mata dan  mengakui saja. Karena janji Bupati-Wakil Bupati Merauke, Romanus Mbaraka-H. Riduwan membantu handphone gratis, akhirnya hari ini  mulai dieksekusi atau  direalisasikan.

Bertempat di Gedung Negara Rabu (6/4), Bupati Mbaraka didampingi wakilnya, H. Riduwan, menyerahkan secara simbolis sejumlah handhone kepada perwakilan anak-anak sekolah dari jenjang SD hingga SMA.

Pantauan Surya Papua, anak-anak penerima handphone, dihantar langsung oleh orangtuanya. Hanya saja, ortu tak diizinkan masuk, hanya anak sendiri. Sekaligus menerima bantuan  dimaksud.

Kurang lebih 500 handhpone disiapkan dan hari ini juga dibagikan, setelah penyerahan secara simbolis oleh bupati didampingi wakilnya.

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan menyerahkan bantuan handhone-Surya Papua/Frans Kobun
Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan menyerahkan bantuan handhone-Surya Papua/Frans Kobun

Kepada sejumlah wartawan, Bupati Mbaraka menjelaskan,  saat melakukan kampanye jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 silam, ia bersama wakilnya menyampaikan kepada masyarakat bahwa akan diberikan handphone gratis kepada anak-anak  kelas VI SD, III SMP dan III SMA  terutama kurang mampu.

Seharusnya, jelas Bupati Mbaraka, tahun lalu handhone gratis dibagikan. Namun  agar pertanggungjawaban baik,  diurut administrasi terlebih dahulu sesuai laporan keuangan.

“Jadi hari ini baru bisa diserahkan. Memang secara simbolis kepada sejumlah anak dan selanjutnya akan diatur oleh staf di GN. Saya perintahkan  dibagikan kepada anak-anak hari ini juga  yang telah terdata, baik orang asli Papua maupun non Papua,” ujarnya.

Lalu salah satu syarat harus dipenuhi oleh penerima handphone adalah  ada pernyataan resmi dari sekolah bahwa anak tersebut benar-benar sedang mengenyam pendidikan di sekolah itu. Juga telah duduk  di kelas III baik SD hingga SMA.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Merauke, Elyas Mite serahkan bantuan handphone gratis kepada siswa-siswi – Surya Papua/Frans Kobun
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Merauke, Elyas Mite serahkan bantuan handphone gratis kepada siswa-siswi – Surya Papua/Frans Kobun

Dikatakan, sesuai rencana, sekitar 5.000 handphone akan disiapkan Pemkab Merauke untuk dibagikan kepada anak didik. Nanti tahun ini ada pengadaan tambahan 1.200 handphone lagi dan tahun depan.

“Bantuan handphone dibagikan juga ke sejumlah kampung yang  terjangkau jaringan internet 4G,” katanya.

Adapun tujuan pemberihan handphone, agar bisa digunakan anak didik untuk kegiatan proses belajar menuju kepada digitalisasi. “Lalu saya harap dapat  membantu anak orang tak mampu,” ungkapnya.

Ditambahkan, alasan pemberian handphone,  karena saat melakukan kampanye, menemui salah seorang anak di Kelapa Lima yang meminjam handhone orang dan duduk dipinggir jalan mencari jaringan mengerjakan tugas sekolah.

 “Jadi kita dorong dengan memprogramkan handpone gratis, sehingga bisa menunjang kegiatan belajar mereka,” katanya.

Anak-anak sedang foto bersama usai menerima bantuan handphone – Surya Papua/ Frans Kobun
Anak-anak sedang foto bersama usai menerima bantuan handphone – Surya Papua/ Frans Kobun

Lagi pula, jelasnya, agar anak  tak merasa minder dengan lainnya yang sudah memiliki handphone. Sehingga di sekolah tak ada aspek kepemilikan. “Ya ada anak lancar belajar, karena  ortunya sungguh membeli handphone android,” ungkapnya.

Wakil Bupati Merauke, H. Ridwan meminta anak-anak yang telah menerima handphone, agar digunakan dengan baik untuk belajar. Jangan memanfaatkan  bermain yang lain.

“Sekarang belum bisa digunakan, mengingat jaringan internet belum baik. Nanti bulan depan sudah  bisa fungsikan data untuk belajar atau mencari tugas yang diberikan sekolah,” jelasnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *