Diundur Lagi Awal Maret, Perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut

Laporan Utama254 views

Merauke, Suryapapua.com– Rencana untuk perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL)l milik PT Telkom dengan rute  ruas Sorong-Merauke pada titik 107 Km dari pesisir Merauke  24 Februari 2023 diundur atau ditunda hingga awal  Maret.

Dengan Demikian, masyarakat masih bisaa menikmati jaringan internet selama kurang lebih seminggu kedepan.

Kepala Kantor Daerah Telkom Merauke,  Jitzak Ninef kepada Surya Papua Jumat (24/2) mengakui adanya perubahan jadwal perbaikan kabel bawah laut.

“Saya sudah tanyakan ke Jayapura dan betul adanya perubahan jadwal atau mundurnya waktu maintenance (perbaikan),” ungkapnya.

Sementara dari rilis yang diterima, kabel laut yang akan diperbaiki berada pada kedalaman 33 meter. Jika tidak dilakukan perbaikan,  akan  putus jaringan secara tiba-tiba.

Menurut EVP Telkom  Regional  VII,  Agus Yuda, berdasarkan hasil koordinasi dengan tim teknis, Telkom masih membutuhkan waktu untuk mengidentifikasi lebih detail dan persis  agar kegiatan optimalisasi dapat berjalan maksimal, antara lain peralatan yang dibutuhkan  serta pemetaan Kondisi medan di lapangan.

Dengan demikian,  Telkom memutuskan menyesuaikan kembali jadwal optimalisasi menjadi awal bulan Maret 2023. Olehnya dengan waktu yang cukup panjang,  masyarakat Merauke, Timika dan Kaimana dapat mempersiapkan dan menyesuaikan sebaik mungkin kebutuhan aktivitas komunikasinya mengikuti jadwal pemeliharaan terbaru.

Telkom juga, jelasnya,  telah melaksanakan langkah-langkah persiaan optimalisasi SKKL diantaranya penyiapan link back-up Palapa Ring Timur serta  back-up satelit. Persiapan tim teknisi di lokasi dan cable ship pada koordinat lokasi kabel yang mengalami shunt fault.

“Telkom Group terus melakukan upaya maksimal menyelesaikan optimalisasi pemeliharaan rutin jaringan SKKL sebaik-baiknya. Sekaligus menyampaikan informasi lebih lanjut kepada masyarakat dan pelanggan Telkom yang terdampak,” katanya.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   :  Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *