oleh

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan Mendukung Kebun Percontohan PKK

Boven Digoel,Suryapapua.com-Dinas Tanaman Pangan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan (TPHPP) Kabupaten Digoel melakukan kunjungan ke kebun percontohan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan kolam penangkaran ikan yang yang berada di Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel Senin (10/10).

Kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan Ibu Bupati (Kabupaten) Boven Digoel bersama Tim Penggerak PKK sebelumnya pada Minggu (2/10) (yang telah melakukan) dengan melakukan penanaman padi perdana.

Pada kesempatan ini tim dari Dinas TPHPP yang didampingi perwakilan perusahaan dari PT Tunas Sawa Erma dan PT Korindo Abadi, Daniel Sim Ayomi akan melepas benih ikan ke kolam penangkaran ikan yang berada di kebun percontohan PKK.

Bibit ikan yang siap dilepas ke kolam – Surya Papua/IST
Bibit ikan yang siap dilepas ke kolam – Surya Papua/IST

Benih ikan sebanyak 850 ekor yang terdiri dari benih ikan mas, nila dan lele secara simbolis dilepas ke kolam penangkaran ikan didalam keramba, kemudian dilepas juga 600 benih ikan lele dan mas untuk kolam masyarakat milik Thomas Tenarop (selaku ketua marga Tenarop)

Sebagai catatan bahwa kebun percontohan PKK seluas 625 m2 yang disiapkan oleh pihak perusahaan di lahan masyarakat yang berada di luar area perusahaan ini merupakan hasil tindak lanjut kerjasama dengan tim penggerak PKK Kabupaten Boven Digoel sebagai pihak yang akan mengelolah.

Bibit ikan saat dilepas ke kolam beberapa waktu lalu – Surya Papua/IST
Bibit ikan saat dilepas ke kolam beberapa waktu lalu – Surya Papua/IST

Kolam penangkaran ikan yang berada disamping kebun ini juga dapat menyediakan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan dan dapat bermanfaat bagi kesuburan tanaman.

Kepala Dinas TPHPP Kabupaten Boven Digoel, Niko Saran menyampaikan bahwa kebun percontohan PKK dan kolam penangkaran ikan yang dibantu oleh  pihak perusahaan ini berpotensi besar dalam menunjang kemandirian masyarakat Papua dalam berdikari melalui budidaya tanaman dan ternak ikan.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *