Besok, Kapal Carteran Bergeser ke Distrik Waan Bawa Sembako

Laporan Utama204 views

Merauke, Suryapapua.com – Kapal carteran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke direncanakan akan bergeser besok Rabu (22/12) dari pelabuhan menuju ke Distrik Waan dengan membawa sejumlah kebutuhan pokok (sembako) dan lain-lain bagi masyarakat di sebelas kampung yang mengalami musibah banjir rob beberapa waktu lalu.

Sebagian besar bantuan telah dikemas dan dimasukkan dalam karung. Sedangkan sisanya masih dalam proses pengemasan, termasuk beras.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka ketika ditemui Surya Papua Selasa (21/12) membenarkan kapal carteran direncanakan bergeser dari pelabuhan besok. Hanya saja jam keberangkatan, masih menunggu informasi lebih lanjut dari KSOP, sehubungan perkembangan gelombang serta cuaca.

“Saya sudah mendapatkan data ril dari Kepala Distrik Waan, terkait jumlah kepala keluarga di sebelas kampung yang mengalami musibah. Dari data dimaksud, dijadikan acuan untuk pendropingan bantuan,” ujarnya.

Selain bantuan Pemkab Merauke, juga dari sejumlah organisasi seperti Dewan Pimpian Wilayah (DPW) Vox Point Merauke berupa beras, mie instan, gula pasir, air vit dan lain-lain sebanyak 29 kardus. Juga dari  organisasi Aisyiyah Kabupaten Merauke  berupa sembako serta pakaian, selimut, vitamin dan lain-lain.

Telur ayam dalam kemasan rak yang telah disiapkan – Surya Papua/Frans Kobun

“Memang ada beberapa organisasi telah menghubungi saya untuk menyerahkan bantuan dan pada prinsipnya pemerintah tetap meresponi. Kita masih menunggu hingga malam,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Bupati Mbaraka, semua bantuan dari organisasi, akan dibawa bersamaan dengan dari Pemkab Merauke dengan kapal carteran, sekaligus untuk dibagi ke masyarakat di sebelas kampung.

Karung plastik berisi supermie dan barang campuran lain yang siap diangkut sekaligus dibawa ke Distrik Waan – Surya Papua/ Frans Kobun

Sementara dari data yang didapatkan, bantuan Pemkab Merauke yang siap didistribusikan adalah beras 1.392 karung, telur ayam 1392 rak, susu 1392 kaleng atau 29 kardus, teh celup 1392 pak, kopi 1392 bungkus serta supermie 1392 paket.

Dari jumlah tersebut, masing masing kepala keluarga di sebelas kampung akan mendapatkan 10 kg beras, satu pak teh celup, kopi satu bungkus ukuran 220 gram, supermie 5 bungkus, susu satu kaleng dan telur 10 butir.

Bupati Mbaraka menambahkan, semua bantuan dimaksud akan didistribusikan ke Distrik Waan. Selanjutnya diatur lebih lanjut untuk pembagian ke kampung-kampung.

Penulis : Frans Kobun

Editor : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *