oleh

‘Berburu’ Jaringan Internet

Merauke, Suryapapua.com– Dalam seminggu terakhir, jaringan internet 4G telkomsel  di Kabupaten Merauke putus total. Akibatnya, berbagai aktivitas masyarakat untuk melakukan komunikasi maupun aktivitas lain, termasuk menjual barang secara online, kandas sementara waktu.

Zaki, salah seorang pedagang pakaian saat dihubungi Surya Papua Sabtu (2/4) menjelaskan, selama ini, dirinya  berjualan  barang secara online. Setelah adanya gangguan demikian, transaksi jual beli pakaian tak bisa dilakukan. “Biasanya dalam dua hari, saya mendapat keuntungan Rp 300.000, sekarang sudah tidak lagi, akibat terganggu jaringan ,” ujarnya.

Dalam satu dua hari terakhir, jaringan telkomsel sudah muncul, hanya di tempat tertentu seperti di sekitar area Bandara Mopah. “Saya kesana berburu jaringan menjual pakaian,” katanya.

Meskipun tinggal di sekitar pelabuhan, namun setiap pagi harus ke bandara berburu jaringan hingga siang hari. Setelah itu pulang ke rumah dan malam hari balik lagi ke bandara, sekaligus mengetahui barang jualan yang diposting apakah  laku terjual atau tidak.

Hal senada diungkapkan Pujiono yang bekerja di salah satu perusahaan. Dia pun tak mengetahui kapan jaringan 4G Telkomsel di Merauke  normal kembali, karena belum ada informasi resmi didapatkan.

“Saya harus kirim laporan perusahaan, sehingga  mau tidak mau  ikut masyarakat lainnya cari jaringan 4G di bandara,” katanya.

Dari pantauan Surya Papua di sekitar area bandara, terlihat masyarakat memadati beberapa titik untuk bermain internet dari pagi, siang hingga malam hari.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *