Rel Kereta Api Akan Dibangun ke Boven Digoel, Romanus Mbaraka: ‘Itu Sudah Saya Rancang Saat Masih Kuliah di ITB

Uncategorized475 views

Merauke, Suryapapua.com– “Rancangan untuk pembangunan rel kereta api ke Kabupaten Boven Dogoe, jauh-jauh  sebelumnya sudah saya rancang  saat  masih melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung.”

Hal itu disampaikan Calon Gubernur Papoua Selatan, Ronanus Mbaraka ketika melakukan kampanye terbatas di Kelurahan Kelapa Lima Kamis (10/10/2024) yang dihadiri ratusan masyarakat setempat.

“Jadi, saya perlu tegaskan bahwa pembangunan rel kereta api ke Boven Digoel, sudah saya rancang ketika masih kuliah di ITB.  Dalam tulisan, saya beberkan bahwa apabila suatu  saat Provinsi Papya Selatan hadir, dipastikan  rel kerta api dibangun,” ungkapnya.

Rel kereta api dari Merauke-Boven Digoel, demikian Romanus, pertama jadi priorotas adalah rel kereta barang. Tujuannya agar  barang-barang ke Tanah Merah, Mindiptanah maupun distrik lain, tidak mahal ketika dijual ke rakyat oleh pedagang.

“Kalau masih diangkut dengan kapal atau truk, sudah jelas ketiika  pedagang menjual kembali ke masyarakat, harganya pasti selangit,” katanya.

Jadi dengan rel kereta api barang  yang menjadi salah satu program, tujuannya adalah bisa menekan harga barang di Kabupatren Boven Digoel.

Nanti rel kereta manusia, akan ada juga kesana. Tetapi  diutamakan rel kereta  barang terlebih dahulu.

Olehnya, Romanus meminta kepada masyarakat empat kabupaten agar memberikan dukungan penuh kepada pasangan nomor urut 3. Yakin dan percaya, berbagai program yang disampaikan dalam kampanye, pasti direalisasikan dan atau diwujudnyatakan.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *