Komitmen Romanus-Muyak, Tiap Mata Rumah Orang Papua di 4 Kabupaten, Anaknya Wajib Tamat SMA

Pendidikan171 views

Merauke, Suryapapua.com– Inilah komitmen Calon Gubernur-Wakil Gubernur Papua Selatan, Romanus Mbaraka-Albert Muyak dalam bidang pendidikan.

Salah satunya adalah akan memerintahkan para kepala kampung, hansip hingga kepala distrik di empat kabupaten yakni Merauke, Boven Digoel, Mappi serta Asmat, agar di setiap rumah orang Papua, anaknya wajib tamat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Penegasan itu disampaikan Bakal Calon Gubernur Papua Selatan, Romanus Mbaraka saat dialog bersama ratusan masyarakat di Jalan Domba, Kelurahan Rimba Jaya, Kabupaten Merauke Kamis (26/09/2024) sore.

Setelah tamat SMA, lanjut Romanus, Pemerintah Provinsi Papua Selatan mengintervensi lagi agar anak-anak Papua itu bisa lanjut kuliah di perguruan tinggi.

Calon Wakil Gubernur Papua Selatan, Albert Muyak sedang bicara – Surya Papua/Frans Kobun
Calon Wakil Gubernur Papua Selatan, Albert Muyak sedang bicara – Surya Papua/Frans Kobun

“Kenapa? Karena nanti di tahun 2050 mendatang, semua orang di dunia ini pekerjaan sudah dengan menggunakan IT atau teknologi canggih,” jelasnya.

Jadi, menurut Romanus, mau tidak mau, suka tidak suka, anak-anak Papua wajib sekolah hingga jenjang perguruan tinggi. Nanti Pemerintah Provinsi Papua intervensi lebih lanjut.

“Itu menjadi komitmen saya bersama Kaka Albertus Muyak. Kami sudah diskusikan bersama pula,” katanya.

Olehnya melalui kesempatan itu, Romanus-Muyak berpesan agar pada tanggal 27 November 2024, masyarakat datang ke TPS dan mencoblos nomor urut 3.

“Rakyat sudah mengenal kami berdua. Jadi tidak perlu takut dan khawatir, ketika saya bersama Kaka Albert terpilih, akan bangun empat kabupaten dengan sungguh-sungguh,” ungkapnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor  : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *