Jelang Pilgub Papua Selatan dan Pilbup, Masyarakat Asmat di Kabupaten Merauke Harus Kedepankan Persaudaraan

Uncategorized196 views

Merauke, Suryapapua.com– Menjelang Pilkada untuk Pemilihan Gubernur Papua Selatan, Pemilihan Bupati Merauke serta Pilkada tiga kabupaten lain yakni Boven Digoel, Mappi serta Asmat, Ketua Ikatan Suku Besar Asmat di Kabupaten  Merauke, Elias Asembi angkat bicara.

Melalui telpon selulernya Kamis (15/08/2024), Elias menyampaikan sejumlah pesan, utamanya kepada masyarakat Asmat yang berdomisili atau berdiam di Kabupaten Merauke.

“Saya meminta masyarakat harus menjadi pemilih cerdas dan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani menjelang pesta demokrasi 27 November 2024 mendatang,” pintanya.

Dalam konstalasi politik, demikian Elias, setiap orang terutama masyarakat Asmat agar tidak mengedepankan ego, tetapi lebih mengutamakan sifat persaudaraan, kerukunan, toleransi antar umat beragama dan lain-lain.

“Saya juga meminta kepada para calon gubernur maupun bupati yang bertarung agar mengajak penduduk tetap menjaga kamtibmas dengan baik,” ajaknya.

Lalu, katanya, kampanye-lah dengan narasi positif dan tidak saling menjatuhkan  melalui hujatan atau kampanye negative maupun  black-compaign yang dapat merusak nilai nilai perdamaian yang telah terbangun selama ini.

“Seakli lagi saya ajak masyarakat Asmat di Kabupaten Merauke  tetap menjaga tali persaudaraan. Jangan karena perbedaan politik dan pilihan, terjadi konflik sosial antar kita,” pintanya lagi.

Tidak dapat dipungkiri kalau akan banyak isu propaganda disampaikan nanti. Olehnya,  masyarakat  Asmat  agar menanggapi dengan positif dan hati dingin  setiap isu yang berkembang baik berbau SARA dan lain-lain.

“Mari untuk tetap waspada ,bangun komunikasi baik dengan semua pihak dan tetap menjaga serta mengedepankan  kerukunan serta kedamaian,” katanya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *