Mengapa Romanus Mbaraka Pinang Albert Muyak Jadi Wakilnya Dalam Pilgub Papua Selatan?

Laporan Utama564 views

Merauke, Suryapapua.com– Hebatnya seorang Romanus Mbaraka yang tidak pernah menggembar-gembor siapa calon wakilnya dalam pertarungan Pilkada untuk Pemilihan Gubernur Papua Selatan.

Meskipun ‘dihujani’  pertanyaan sejumlah wartawan setiap kali bertemu, Romanus Mbaraka hanya tersenyum lebar dan mengatakan tunggu ada waktu  tepat.

Bahkan sempat ditanyakan wartawan ketika itu kalau gandengannyannya adalah Albert Muyak, Romanus dengan santai menjawab, “Semua orang sudah tahu kalau Kakak Albert Muyak maju dalam pertarungan Pemilihan Bupati Mappi.”

Jawaban Romanus Mbaraka demikian, berhasil meredam pertanyaan para wartawan. Namun ternyata  itu adalah sebuah ‘taktik’ atau strategi politik untuk menjaga agar tak terbaca lawan.

Penantian  serta rasa penasaran pun terjawab hari ini. Dimana Romanus Mbaraka, Calon Gubernur Papua Selatan, resmi meminang Albert Muyak sebagai wakilnya.

Lalu, apa alasan mendasar hingga Romanus menjatuhkan pilihannya kepada Albert Muyak, penasaran? Ikuti ulasannya  setelah Jurnalis Surya Papua, Frans Kobun mewawancarai Romanus Mbaraka didampingi Albert Muyak di NasDem Tower Jakarta  Selasa (13/08/2024).

“Alasan saya sederhana saja memilih Pak Albert Muyak, putra kelahiran Mappi-Yakai, karena beliau memiliki kapasitas dalam pengelolaan keuangan. Berikutnya adalah anak asli Papua dari Mappi,” tegasnya.

Selain itu, demikian, Romanus Mbaraka, kalau mau diurut secara baik-baik, jabatan Majelis Rakyat Papua Selatan (MRPS) sekarang dipimpin dari Kabupaten Boven Digoel.

Lalu jabatan Penjabat Gubernur Papua Selatan maupun  Sekretais Daerah (Sekda) adalah  dari Asmat.

“Jadi, sudahlah berekan kesempatan kepada saya anak Marind bersama kaka Albert Muyak dari Mappi menahkodai Provinsi Papua Selatan lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Romanus Mbaraka yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Papua Selatan bersama empat calon bupati-wakil bupati yakni Merauke, Boven Digoel, Mappi serta Asmat serta calon gubernur-wakil gubernur Papua Selatan menyampaikan banyak terimakasih kepada Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh bersama  Sekjen serta seluruh  pengurus DPP yang telah memberikan dukungan penuh dengan diterbitkan B1KWK untuk bertarung dalam Pilkada 27 November 2024.

Lalu, lanjut Romanus, kepada seluruh masyarakat di empat kabupaten yakni Merauke, Boven Digoel, Mappi serta Asmat  atas doa dan dukungannya, semoga  dapat menghantar mereka menjadi pelayan  bagi rakyat di Provinsi Papua Selatan.

“Komitmen kami sesuai amanat dari negara dan amanat lebih dari Tuhan yang Maha Kuasa, bahwa kita harus mampu menjadi pelayan bagi orang paling kecil di di Tanah Selatan Papua dan tak akan pernah berhenti sampai ajal datang menjemput,” ungkapnya.

“Kami resmi berpasangan sebagai anak Marind dan Anak Mappi-Yakai untuk mewakili seluruh masyarakat di Papua Selatan dalam kompetisi Pilkada 27 November 2024,” tegasnya.

“Tuhan sayang, kami siap jadi pelayan. Karena kami adalah aparatur yang pernah jadi pelayan rakyat  baik sebelum Merauke dimekarkan maupun setelah dimekarkan jadi empat kabupaten,” ungkapnya.

Romanus berceitera, keduanya pernah dihantar Tuhan saat lulus dalam formasi khusus (foker) 2000 CPNS Provinsi Papua, sekaligus mengikuti Latsarmil (prajabatan)  di  Rindam 8 Trikora.

“Saat itu, Kaka Albert Muyak ketua dan saya sebagai sekretaris untuk menghantar CPNS Kabupaten Merauke mengikuti prajabatan,” katanya.

“Hari ini juga, kami dua kembali bersatu menjadi Calon Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi  Papua Selatan,” ujarnya. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *