oleh

7 Agustus 2022, Upacara Peresmian Uskup Agung Merauke Oleh Duta Besar Vatikan, Dihadiri 16 Uskup di Indonesia

Merauke, Suryapapua.com– Bertempat di Gereja Katedral St. Fransiskus Xaverius Merauke, Minggu 7 Agustus 2022 pukul 16.00  WIT, akan  berlangsung perayaan besar.

Dimana Uskup Agung Merauke-Keuskupan Agung Merauke (KAMe), Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC akan diresmikan oleh Duta Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo, sekaligus penerimaan anugerah Pallium.

Untuk diketahui, Pallium atau Palla merupakan salah satu busana gerejawi dalam Gereja Katolik  Roma yang awalnya hanya dikhususkan bagi Sri Paus. Kemudian, selama berabad-abad dianugerahkan oleh Paus kepada para Uskup Agung.

Dalam sesi jumpa pers yang berlangsung di RRI Kamis (4/8), Uskup Mandagi didampingi, Pastor John Kandam, Pr serta Pastor Agustinus Budiman, MSC  dan juga Tokoh Masyarakat, Johanes Gluba Gebze menjelaskan, tanggal 7 Agustus 2022,  dirinya  akan diresmikan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia mewakili Paus Fransiskus di Roma.

“Memang  saya sudah diangkat menjadi Uskup Agung Merauke setahun silam oleh Paus Fransiskus, namun tanggal 7 Agustus ada peresmiannya yang dilakukan  Duta Besar Vatikan,” ujarnya.

Dua pastor serta Tokoh Masyarakat Papua Selatan, John Gluba Gebze damping Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC berikan keterangan pers – Surya Papua/Frans Kobun
Dua pastor serta Tokoh Masyarakat Papua Selatan, John Gluba Gebze damping Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC berikan keterangan pers – Surya Papua/Frans Kobun

Jadi, lanjut Uskup Mandagi, ini adalah sebuah peristiwa iman bagi seluruh umat Katolik  di wilayah Papua Selatan. Karena pada akhirnya secara resmi ada seorang Uskup Agung  yang memimpin seluruh umat di wilayah Keuskupan Agung Merauke.

Selain itu, sebagai coordinator bagi keuskupan lain di Papua, misalnya Keuskupan Jayapura, Manokwari-Sorong, Asmat serta Timika.

Dikatakan, selain hadir Duta Besar Vatikan,Kardinal Ignatius Suharyo yang juga Uskup Agung Jakarta, sekaligus Ketua para  Uskup di Seluruh Indonesia. Juga hadir pula 16 uskup lain di Indonesia serta para pastor, bruder, frater dan suster-suster.

Tak hanya biarawan-biarawati, tetapi juga tamu serta undangan lain termasuk pemerintah.

Lebih lanjut Uskup Mandagi mengatakan, Duta Vatikan bersama para uskup dari berbagai daerah di Indonesia tiba dengan pesawat Garuda di Bandara Mopah Minggu pagi.

Selanjutnya diterima Pemerintah Kabupaten Merauke serta umat. Lalu Duta Vatikan menuju ke Patung Hati Kudus Yesus untuk berdoa sekaligus memberkati umat.

Setelah dari Patung Hati Kudus, Duta Vatikan ke Swiss belhotel untuk istirahat. Selanjutnya sore hari,  dilakukan prosesi perarakan  oleh para uskup bersama imam menuju ke Gereja katedral Merauke sekaligus dilangsungkan perayaan.

Dalam kesempatan itu, Uskup Mandagi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat Katolik, karena tak bisa langsung mengikuti perayaan di dalam Gereja Katedral, karena kapasitas atau daya tampung sangat terbatas.

Namun demikian, lanjut Uskup Mandagi, umat dapat mengikuti perayaan di sekitar area katedral.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *