Sambut Kemerdekaan RI ke-79, TSE Group Gelar Lomba Pidato Pelajar

TSE GROUP162 views

Boven Digoel, Suryapapua.com– Setiap tahun berbagai kegiatan lomba memberikan warna tersendiri bagi masyarakat yang mengekspresikan kebebasan dan kebahagiaan dalam merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ekspresi kemerdekaan tersebut dihadirkan oleh Tunas Sawa Erma (TSE) Group kepada generasi muda di bumi cendrawasih melalui lomba pidato yang berlangsung di ruang training TSE Group di Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua SelatanSabtu (10/08/2024).

Ini merupakan tahun kedua TSE Group mengadakan lomba pidato dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang diikuti oleh lima belas orang peserta lomba yang  merupakan para pelajar tingkat sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK/MA)  yang berlokasi di wilayah Distrik Jair.

“Kegiatan ini adalah upaya TSE Group dalam menyambut hari kemerdekaan bangsa ini melalui lomba pidato. Harapannya agar perlombaan ini dapat menjadi motivasi bagi pelajar-pelajar Papua dalam mengembangkan kemampuan public speaking,” ujar Daniel Sim Ayomi A.Md, S.Sos, S.H, MPA pimpinan perusahaan.

Beberapa isu terkait bidang pendidikan, hukum dan lingkungan diangkat menjadi tema dalam lomba pidato kali ini.

Foto bersama pihak perusahan (TSE) Group dan siswa-siswi yang mengikuti lomba – Surya Papua/IST
Foto bersama pihak perusahan (TSE) Group dan siswa-siswi yang mengikuti lomba – Surya Papua/IST

Tema-tema pidato seperti cita-cita pemuda dari pelosok negeri, akses pendidikan bagi anak-anak didaerah terpencil, mewujudkan masyarakat taat hukum dan arti penting menjaga kebersihan lingkungan, merupakan tema yang dipilih oleh panitia untuk menjadi pesan-pesan yang ditekankan dalam rangkaian pidato yang dibawakan oleh masing-masing peserta.

Perlombaan berlangsung dalam intensitas tinggi dari semua peserta baik di kategori putri maupun putra, dengan masing-masing materi pidato yang mereka sampaikan dengan semangat yang membara di hadapan juri dan penonton saat itu.

Intonasi, ekspresi, penguasaan materi dan tema pidato sampai ketepatan waktu adalah aspek penilaian yang akan menentukan pemenang dalam lomba pidato ini.

Setelah melalui tahap perlombaan dan penilaian,dewan juri memutuskan Anna Angelina Bofi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 3 Boven Digoel di kategori putri dan Muhammad Fais Maulana dari Madrasah Nurushoba dikategori putra keluar sebagai juara satu dalam perlombaan pidato TSE Group edisi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

“Terimakasih Tunas Sawa Erma Group yang telah menggelar kegiatan ini, meskipun bersekolah di pedalaman. Melalui kegiatan ini telah memotivasi saya dan teman-teman untuk lebih lagi mengembangkan potensi diri,” tutur Anna Angelina Bofi.

Mengangkat tema “Bersama TSE Group, Membangun Negeri” pelaksanaan lomba pidato yang digelar bertujuan menumbuhkan semangat nasionalisme dan kreativitas generasi muda di tanah Papua sebagai langkah awal dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Penulis : Fionny

Editor   : Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *