oleh

KM Setia Makmur 06 Tenggelam di Laut Arafura, 15 ABK Dalam Pencarian, 10 Diselamatkan

Merauke, Suryapapua.com– KM  Setia Makmur 06 tenggelam pada Sabtu (2/7)  dini hari sekitar pukul 01.00 WIT pada koordinat 08°.28’.00’’ S – 136°.35’.00’’ E atau  426 km ke arah barat dari  Dermaga  Merauke.

Awal mulanya,  kapal nelayan lain yang berada di sekitar lokasi kejadian melaporkan ke  pengurus kapal di Dobo kalau KM Setia Makmur 06 tenggelam.

“Lalu pengurus dari Dobo menelpon dan menyampaikan kepada  Haryanto di Merauke akan  musibah tersebut. Sehingga bersangkutan langsung datang di kantor melaporkan,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Supriyanto Ridwan dalam rilisnya yang diterima Surya Papua Minggu (3/7).

Sementara sesuai data dalam catatan surat kapal, jelas Ridwan, terdapat 25 anak buah kapal (ABK) Dari jumlah itu, telah berhasil diselamatkan 10 orang oleh tim SAR gabungan.

Kesepuluh  ABK itu diantaranya, Rusli, Dedi Riyanto, Subekhi, Agus Priyono, Diroh, Dian Andreansah, Mubarok, Jaeni, Ali Sodikin dan Hanif Setiawan. Kini mereka sedang diatas KM KM Sinar Mas 01. Sedangkan 15 lain masih dalam proses pencarian.

Untuk diketahui, Kapal tersebut bertolak dari  Dermaga Dobo pada tanggal 24 Juni  menuju ke perairan Arafura memancing cumi.

“Kita langsung lakukan koordinasi dengan berbagai potensi SAR termasuk dengan aset-aset potensi yang sedang berada di sekitar lokasi kecelakaan melakukan pencarian,” ungkapnya.

“Ada tiga kapal nelayan paling dekat dengan titik kejadian yakni  KM Sinar Mas 01, KM Jaya Sejahtera dan KM Pulau Muara,” ujarnya.

Dikatakan, tadi pagi KRI Teluk Weda milik TNI AL  yang berada di Bintuni merapat ke lokasi kejadian untuk ikut membantu  melakukan operasi Pencarian.

“Kami juga tengah mengupayakan pencarian menggunakan pesawat terbang. Karena lokasinya jauh sekali dari sini. Jadi  harus  butuh peralatan cepat,” pungkasnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *